Sabtu, 05 September 2009

Tugas Kepemimpinan




Leadership




Name : Ratna Dewi

Major : Marketing , 11-2C

NIM : 2007110192

Subject : Proffesional Studies

Lecturer : Mr. Arnold Pa’alam, BSc., LLB

Leadership atau kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi dan memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan organisasi. Dasar untuk menjadi pemimpin yang baik adalah memilki karakter yang terhormat dan rendah hati, selain itu seorang pemimpin harus melalui proses pembelajaran diri, pendidikan, latihan, dan juga pengalaman agar dapat menjadi contoh yang baik untuk para pengikutnya. Seorang pemimpin harus memiliki sikap yang berkarakter, sesuai etika, mempunyai kemampuan di bidangnya, berpendidikan, memiliki kepercayaan diri dan juga ada nilai-nilai positif dalam dirinya. Ada 2 karakter atau tipe seorang pemimpin, yaitu pemimpin yang demokratis dan pemimpin yang otoriter. Pemimpin yang demokratis adalah pemimpin yang mendengarkan ide dari bawahannya dan juga membuat keputusan akhir berdasarkan persetujuan bersama. Sedangkan pemimpin yang otoriter adalah pemimpin yang menggunakan jabatannya untuk mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan pendapat atau pun ide dari bawahannya, dan bersifat memaksa. Dari kedua tipe ini, yang merupakan pemimpin yang baik adalah tipe pemimpin yang demokratis, karena dengan tipe ini maka bawahannya akan merasa dihargai dan ikut andil bagian dalam mengambil keputusan. Ada dua kunci terpenting untuk menjadi pemimpin yang efektif, diantaranya jujur(dapat dipercaya) dan juga dapat mengarahkan visi perusahaan.

Prinsip-prinsip seorang pemimpin, yaitu ;

1. Mengenal pribadi sendiri dan memperbaiki diri ke arah yang lebih baik .

2. Ahli dalam bidangnya.

3. Bertanggung jawab atas segala tindakan yang diambil.

4. Membuat keputusan dengan cara yang tepat, contoh; musyawarah

5. Memberikan contoh yang benar untuk bawahan.

6. Mengenal bawahan dan melihat kemampuannya.

7. Tetap berkomunikasi dengan bawahan.

8. Membangun rasa tanggung jawab dalam diri para pekerja.

9. Memastikan bahwa tugas yang didelegasikan dimengerti, diawasi dan

terlaksana dengan baik.

10. Melatih pekerja seperti dalam sebuah tim.

11. Gunakan seluruh kemampuan dari organisasi.

Ada 4 faktor utama dalam kepemimpinan diantaranya;

1. Follower(pengikut/pekerja)=>Tiap pekerja membutuhkan jenis kepemimpinan yang berbeda-beda.

2. Leader(pemimpin)=>Seorang pemimpin harus mengenal pribadinya, apa yang dia ketahui dan apa yang dapat dia lakukan supaya dapat mempengaruhi bawahannya.

3. Communication(komunikasi) =>Dapat berkomunikasi dua arah antara pemimpin dan bawahannya.

4. Situation(situasi)=> Seorang pemimpin harus dapat memilih keputusan yang terbaik dalam situasi yang berbeda-beda.

Kerangka kepemimpinan ada 3 hal yaitu Be, Know ,Do, contoh;

1. jadilah professional - tanggung jawab dan setia pada perusahaan

2. jadilah seorang professional yang memiliki karakter yang baik

3. mengetahui 4 faktor kepemimpinan - follower, leader, communication,

situation.

4. mengenali diri sendiri - baik kekurangan maupun kelebihan

5. mengetahui sifat manusia - kebutuhan, emosi.

6. mengetahui pekerjaan anda

7. mengetahui tentang oraganisasi /perusahaan

8. menyediakan petunjuk - perencanaan, pengambilan keputusan,

penyelesaian masalah

9. memotivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar