Senin, 07 September 2009

Interaksi Sosial dalam sosiologi

Dalam tugas ini, mahasiswa marketing diwajibkan menjawab soal-soal yang diberikan dengan segala pengetahuan yang telah dipelajari supaya dapat diketahui seberapa dalam mahasiswa mengerti serta paham tentang materi ini.
Bab 1
Interaksi Sosial

1. Apa yang dimaksud dengan proses sosial?
Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dapat dilihat apabila individu atau kelompok-kelompok saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk hubungan tersebut.

2. Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial?
Interaksi sosial adalah salah satu bentuk proses sosial yang merupakan kunci semua kehidupan sosial (ekonomi, hukum, politik, sosial budaya,dsb)

3. Sebutkan faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi suatu proses interaksi?
Suatu proses interaksi diasarkan oleh berbagai faktor,antara lain, faktor imitasi,sugesti, identifikasi, dan simpati.

4. Jelaskan dua syarat terjadinya interaksi sosial?
Dua syarat terjadinya interaksi sosial :
1. adanya kontak sosial (social contact), yang dapat berlangsung dalam tiga bentuk, yaitu antar individu, antar individu dengan kelompok, antar kelompok. Selain itu, suatu kontak dapat pula bersifat langsung maupun tidak langsung.
2. adanya komunikasi, yaitu seseorang memberi arti pada perilaku orang lain, perasaan-perasaan apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Orang yang bersangkutan kemudian memberi reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.

5. Sebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial?
Bentuk-bentuk interaksi sosial dapat berupa kerja sama(cooperation), persaingan(competition), pertentangan atau pertikaian(conflict).

6. Sebutkan bentuk-bentuk akomodasi?
Bentuk-bentuk akomodasi :
1. Coersion
2. Compromise
3. Arbitration
4. Mediation
5. Conciliation
6. Toferatin
7. Stalemate
8. Adjudication

7. Mengapa tujuan akomodasi dapat berbeda-beda sesuai dengan situasi yang dihadapi?
1. Mengurangi pertentangan antar individu yang berbeda paham
2. Untuk mencegah, meledaknya suatu pertentangan
3. Mengupayakan peleburan kelompok yang terpisah
4. Untuk memungkinkan kerjasama antara kelompok yang terpisah akibat faktor sosial pskologis dan kebudayaan.

8. Jelaskan bentuk interaksi menurut Gillin & Gillin?
Bentuk interaksi adalah:
1. proses yang asosiatif(Process of association) yang terbagi dalam 3 bentuk khusus, antara lain, akomodasi, akulturasi, dan assimilasi.
2. proses yang dissosiatif(Process of dissocition) yang mencakup persaingan(competition) dan pertentangan(conflict)

9. Jelaskan bentuk interaksi menurut Kimball Young?
Bentuk interaksi adalah:
1. oposisi(persaingan dan pertentangan)
2. kerja sama yang menghasilkan akomodasi
3. diferensiasi(tiap individu mempunyai hak dan kewajiban atas dasar perbedaan usia, seks, dan pekerjaan)

10. Jelaskan bentuk interaksi menurut Tomatsu Shibutami?
Bentuk interaksi adalah:
1. akomodasi dalam situasi rutin
2. ekspresi pertemuan dan anjuran
3. interaksi strategis dalam pertentangan
4. pengembangan perilaku massa

11. Mengapa fungsi kerja sama itu penting menurut Charles H. Cooley?
Menurut Charles H. Cooley ,”kerja sama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dan pada saat yang bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan pengendalian terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tersebut; kesadaran akan adanya kepentingan-kepentingan yang sama dan adanya organisasi merupakan fakta-fakta yang penting dalam kerja sama yang berguna.

12. Sebut dan jelaskan 4 bentuk-bentuk kerja sama dalam teori sosiologi?
o Kerja sama spontan (spontaneous cooperation) adalah kerja sama yang serta-merta.
o Kerja sama langsung (directed cooperation) adalah hasil dari perintah atasan atau penguasa.
o Kerja sama kontrak (contractual cooperation) adalah kerja sama atas dasar tertentu.
o Kerja sama tradisional(traditional cooperation) adalah bentuk kerja sama sebagai bagian atau unsur dari sistem sosial.

13. Jelaskan 3 pokok pikiran yang mendasari interaksio-nisme simbolis menurut Herbert Blumer?
1. a. Manusia bertindak (action)
b. Terhadap sesuatu (thing)
c. Atas dasar makna sesuatu terhadap dirinya
2. Makna muncul dari hasil / interaksi terhadap orang lain
3. Makna diperlakukan dan diubah melalui proses penafsiran.

14. Sebutkan dan jelaskan 5 bentuk kerjasama ?
1. Kerukunan yang mencakup gotong-royong dan tolong-menolong
2. Bargaining, yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa-jasa antara dua organisasi atau lebih
3. Kooptasi(cooptation), yakni suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.
4. Koalisi(coalition), yakni kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan-tujuan yang sama. Koalisi dapat menghasilkan keadaan yang tidak stabil untuk sementara waktu karena dua organisasi atau lebih tersebut kemungkinan mempunyai struktur yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Akan tetapi, karena maksud utama adalah untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama,maka sifatnya adalah kooperatif.
5. Joint ventrue, yaitu kerja sama dalam pengusahaan proyek-proyek tertentu, misalnya, pengeboran minyak, pertambangan batu bara, perfilman, perhotelan, dan seterusnya.

15. Sebutkan dan jelaskan 2 arti dari istilah akomodasi?
Akomodasi dipergunakan dalam dua arti, yaitu untuk menunjukan pada suatu keadaan dan menunjuk pada suatu proses. Akomodasi yang menunjukan pada suatu keadaan, berarti adanya suatu keseimbangan dalam interaksi antara orang-perorangan atau kelompok-kelompok manusia dalam kaitannya dengan norma-norma sosial dan nilai-nilai sosial yang berlaku di dalam masyarakat. Sebagai suatu proses, akomodasi menunjuk pada usaha-usaha manusia untuk meredakan suatu pertentangan yaitu usaha-usaha untuk mencapai kestabilan.

16. Apa yang dimaksud dengan Coercion?
Coercion adalah suatu bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan oleh karena adanya paksaan, dimana salah satu pihak berada dalam keadaan yang lemah bila dibandingkan dengan pihak lawan.

17. Apa yang dimaksud dengan Asimilasi?
Asimilasi merupakan statu proses sosial dalam taraf kelanjutan, yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan-perbedaan yang terdapat antara individu atau kelompok dan juga meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak, sikap dan proses-proses mental dengan memerhatikan kepentingan-kepentingan dan tujuan-tujuan bersama.

18. Sebutkan faktor yang mempermudah asimilasi?
1. toleransi
2. kesempatan ekonomi yang seimbang
3. sikap menghargai orang lain dan kebudayaannya
4. sikap terbuka dan penguasa
5. persamaan unsur-unsur kebudayaan
6. adanya musuh bersama dari luar

19. Jelaskan bagaimana proses asimilasi dapat timbul?
Proses asimilasi dapat timbul bila ada:
1. kelompok-kelompok manusia yang berbeda kebudayaannya;
2. orang-perorangan sebagai warga kelompok tadi saling bergaul secara langsung dan intensif untuk waktu yang lama sehingga;
3. kebudayaan-kebudayaan dari kelompok-kelompok manusia tersebut masing-masing berubah dan saling menyesuaikan diri.

20. Apa yang dimaksud dengan oppositional processes?
oppositional processes adalah nama lain dari proses-proses disosiatif yang persis halnya dengan kerja sama, dapat ditemukan pada setiap masyarakat, walaupun bentuk dan arahnya ditentukan oleh kebudayaan dan sistem sosial masyarakat bersangkutan.


Bab 2
Analisa terhadap bencana Situ Gintung
2.1. Artikel tragedi Situ Gintung
2.1.1.
Setelah 76 Tahun, Tanggul Buatan Belanda Itu Pun Jebol
Sabtu, 28 Maret 2009 | 06:29 WIB

KOMPAS.com - Situ Gintung di Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten, merupakan situ bikinan Belanda yang umurnya sudah lebih dari tiga perempat abad.
Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Pitoyo Subandrio, Situ Gintung dibangun pemerintah kolonial Belanda tahun 1932-1933. ”Jadi sekarang umurnya sudah 76 tahun,” kata Pitoyo, Jumat (27/3). Ia menambahkan, selama ini banyak orang mengira bahwa Situ Gintung adalah sebuah danau. Padahal, itu adalah sebuah bendungan. Masih kata Pitoyo, Situ Gintung adalah sebuah bendungan homogen dengan satu jenis tanah atau bendungan urukan homogen. Di sana juga dibangun celah yang disebut pelimpah atau spill way yang lebarnya 5 meter. Di samping itu, di bendungan tersebut juga dibangun pintu air kecil untuk irigasi. Akan tetapi, kata Pitoyo, pintu air itu kini sudah tidak ada lagi karena lahan-lahan pertanian di sekitarnya kini sudah beralih fungsi menjadi kawasan perumahan.
Pitoyo juga mengungkapkan, setelah Indonesia merdeka, danau ini telah beberapa kali dikeruk untuk mengurangi pendangkalan. Ekskavator dipakai untuk mengeruk lumpur yang ada di dasar Situ Gintung dan Kali Pesanggrahan.
Namun, sejak awal pembangunannya, 76 tahun silam, penurapan belum pernah dilakukan pada tanggul Situ Gintung. Sejak dahulu hingga hari ini, menurut Pitoyo, tanggul masih tetap cuma terbuat dari tanah.
Danau alam
Sementara itu, sejarawan Restu Gunawan menjelaskan, tahun 1930-1935 Belanda memang banyak membangun berbagai sarana pengairan dalam rangka pengendalian banjir di Jakarta.
”Jadi, mungkin saja Situ Gintung juga dibangun pada masa itu sebagai salah satu proyek pembangunan dalam rangka pengendalian banjir,” kata Restu, yang juga Kepala Subdirektorat Peradaban Sejarah, Direktorat Geografi Sejarah, Direktorat Jenderal Sejarah Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
Namun, menurut Restu, Situ Gintung sebetulnya sebuah danau alamiah yang terbentuk pada masa jauh sebelumnya. Danau itu merupakan bagian dari daerah aliran sungai Kali Angke dan Pesanggrahan, yang lahir pada awal pembentukan dataran rendah Jakarta, sekitar 5.000 tahun silam. ”Baru kemudian Belanda menjadikannya bendungan untuk keperluan irigasi dan pengendalian banjir Jakarta,” katanya.
Sementara itu, menurut Tim Mitigasi Bencana Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), di sekitar Situ Gintung itu sudah lama berkembang permukiman yang padat. ”Posisi permukiman tersebut berada di bawah tanggul. Inilah yang membuat banyak korban yang jatuh ketika tanggul tersebut jebol dan permukiman dilanda banjir bandang,” demikian disebutkan dalam laporan Tim Mitigasi Bencana BPPT yang diterima Kompas, kemarin.
Situ Gintung merupakan salah satu dari lebih dari 160 situ yang ada di wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi), yang luas seluruhnya mencapai 1.462,78 hektar. Namun, menurut kajian BPPT, dengan kedalaman rata-rata yang hanya 2 meter, situ-situ itu hanya mampu menampung sekitar 29,26 juta meter kubik air. Pengerukan secara teratur perlu dilakukan agar situ-situ itu memiliki kedalaman ideal, yakni 5 meter. Dengan kedalaman ini, debit air yang bisa ditampung meningkat tiga kali lipat menjadi 73,14 juta meter kubik.
Bila pemerintah mampu mengembalikan situ-situ itu ke luasan semula, yakni 2.337,10 hektar, volume air yang dapat ditampung makin banyak lagi, sekitar 116,86 juta meter kubik. Luasan Situ Gintung juga sudah jauh menyusut. Menurut catatan BPPT, danau tersebut pernah memiliki luas sampai 70 hektar. Pitoyo mengatakan, ketika baru dibangun pada tahun 1932, Situ Gintung luasnya 31 hektar. Namun, akibat pendangkalan, luasnya terus berkurang hingga hanya 21,4 hektar saat ini.
Namun, Situ Gintung masih menjadi salah satu dari sedikit situ di Jabodetabek yang kondisinya relatif masih baik. Selain luas, kedalamannya juga masih di atas rata-rata, yakni sekitar 10 meter. Jadi, masuk akal jika air yang melimpas ke luar Situ Gintung saat tanggulnya jebol mencapai 2 juta meter kubik dan mengakibatkan kerugian material yang besar dan menimbulkan pula banyak korban jiwa.
KOMPAS Mulyawan Karim
Sumber: : http://www.kompas.com/read/xml/2009/03/28/06291215/setelah.76.tahun.tanggul.buatan.belanda.itu.pun.jebol
05 april 2009, 18.30 WIB
2.1.2.
Situ Gintung, Jumlah Korban Tewas Masih 100
Rabu, 1 April 2009 | 20:10 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Malam ini, Rabu (1/4) pukul 19.00, evakuasi korban bencana Situ Gintung dihentikan sementara. Seperti biasa, evakuasi dilanjutkan esok hari. "Besok, tim SAR akan terus melakukan evakuasi pencarian korban dan membersihkan lokasi," jelas dr Rahmat Salam, Ketua Posko Utama UMJ, di Tengerang, Rabu (1/4).
Sampai kapan evakuasinya, kata Rahmat, tergantung tim SAR. "Hari utama selama 7 hari, cadangannya 7 hari lagi," ucap Rahmat.

Saat ini, jumlah korban meninggal masih 100 orang. Sebanyak satu orang yang ditemukan tadi siang sudah teridentifikasi bernama Burhanudin (45) warga RT 04/RW 08 Kelurahan Cirendeu, Ciputat, Tangerang. Dengan demikian, korban hilang (vesi masyarakat) menjadi 90 orang.

Total pengungsi di Fakultas Hukum UMJ 72 orang. Fakultas Kedokteran UMJ 71 orang, RT 03 RW 02 ada 176 orang, RT 4 RW 2 ada 57 orang, RT 3 RW 8 ada 188 orang, RT 4 RW 8 ada 40 orang, dan RT 1 RW 8 ada 300 orang. Total pengungsi anak-anak jumlahnya 171 anak. Usia TK ada 10 orang, SD ada 71 orang, SMP ada 52 orang, dan SMU/SMK 29 orang.

Rencana relokasi masih tetap berlangsung hari Senin. Namun, pihak rektorat sudah melunak. "Pihak UMJ masih bersedia menampung pengungsi sampai pemda benar-benar menyiapkan tempat pengungsian di Wisma Kerta Mukti."

Mahasiswa UMJ, lanjut Rahmat, tetap diwajibkan masuk pada Senin (6/4). Bila ruang kelas masih dipakai, mereka akan belajar di masjid atau melakukan KKL membantu para pengungsi.
Sumber:
http://www.kompas.com/read/xml/2009/04/01/20103762/situ.gintung.jumlah.korban.tewas.masih.100 - 05 April 2009 , 18.45 WIB
2.1.3.
Situ Gintung Masih Jadi Primadona Wisata
Minggu, 5 April 2009 | 15:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Memasuki hari ke-10 pasca bencana jebolnya tanggul Situ Gintung, ratusan masyarakat dari berbagai wilayah tetap bersemangat untuk mengunjungi lokasi bencana tersebut. Dalam pengamatan kompas.com, mereka datang secara berkelompok, bahkan sampai menyewa metro mini seperti terlihat di lahan parkir kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Salah satunya adalah Lia (18), warga Depok yang datang bersama teman-teman sebayanya untuk melihat kondisi Gintung setelah diterjang air bah. "Kita datang mau lihat, bagaimana daerah di sini (Gintung) setelah danaunya kering," ujar Lia. Menurutnya bencana jebolnya Tanggul Situ Gintung yang telah memakan banyak korban ini merupakan hal yang mengejutkan, sekaligus menyedihkan. "Ngga pernah nyangka kalau di daerah Cirendeu bisa kaya gini, ini kaya tsunami kecil. Kirain cuma bisa terjadi di daerah yang dekat laut, " ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh Ridho (26), yang bersama teman-teman komunitasnya motornya datang untuk memberikan bantuan kepada para korban, sekaligus melihat sekitar UMJ. "Tadi bantuan udah kita berikan pada relawan, sekarang tinggal lihat-lihat sekitar," terang warga Ciledug ini. Semula tanah yang becek akibat diguyur hujan, sempat memperkecil niat Ridho dan teman-temannya untuk berkeliling. "Tapi sudah sampai sini, tanggung ah. ngga apa-apa becek sedikit. Sayang kalau ngga keliling udah jauh-jauh datang, "ujarnya sambil berlalu untuk meneruskan perjalanannya.
Selain memenuhi lokasi bencana, kendaraan para pengunjung juga memenuhi badan Jalan Ir. Haji Juanda, sehingga membuat arus kendaraan dari Lebak Bulus menuju Ciputat macet, terlebih di depan Kampus STIE Ahmad Dahlan.
Sumber:
http://www.kompas.com/read/xml/2009/04/05/15481822/situ.gintung.masih.jadi.primadona.wisata - 05 April 2009 , 19.30 WIB
2.1.4.
Walikota Sewakan Rumah bagi Korban Situ Gintung
Minggu, 5 April 2009 | 17:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Walikota Tangerang Selatan H.M Shaleh, bersedia membayarkan uang sewa rumah bagi 107 kk RW 08 kampung Poncol yang menjadi korban bencana jebolnya tanggul Situ Gintung. Demikian dikatakan oleh Rahmat Salam, ketua Posko Terpadu, di Wisma Kertamukti Minggu (5/4). "Pak Walikota sudah menyanggupi membayar uang kontrakan bagi 107 kk selama satu tahun. Sekarang mereka sudah menempati rumah kontrakan tersebut," terangnya.

Rahmat melanjutkan, bagi warga yang tidak disewakan rumah, mereka bisa menempati mess di Wisma Kertamukti. "Mereka tinggal di dalam mess, bukan di tenda. Tenda itu hanya untuk relawan, ketua posko utama melarang pengungsi tinggal di tenda," ujarnya.

Sore ini, 14 kk sudah menempati mess di Wisma Kertamukti. Sedangkan sisanya akan ditempatkan di barak-barak yang tengah dibangun. "Jika masih kurang juga, jangan khawatir, sebentar lagi barak di Kertamukti II akan dibangun," kata Rahmat berapi-api.

Sebelumnya, Jumat pekan lalu air bah menerjang daerah Situ Gintung dan sekitarnya. Ratusan rumah hancur dan rusak berat, menyebabkan warga kehilangan tempat tinggal mereka. Sampai saat ini koban meninggal masih tetap berjumlah 100 orang, dan 70 warga masih dilaporkan hilang.

Sumber:
http://www.kompas.com/read/xml/2009/04/05/17194185/walikota.sewakan.rumah.bagi.korban.situ.gintung
05 april 2009, 20.00 WIB


Bab 3
Penutup

3.1. Analisis
Situ gintung adalah bendungan buatan Belanda yang sangat luas yang dibangun pada 76 tahun silam. Bendungan tersebut sering disebut juga sebagai danau. Bendungan tersebut sangat membantu dalam proses irigasi dan juga pengairan di daerah Tangerang. Namun tak ada seorang pun yang menyangka akan terjadinya tragedi tersebut. Tragedi yang menimpa daerah Tangerang, yakni bencana Situ Gintung, yang sangat mengkhawatirkan warga sekitar hingga seluruh masyarakat Indonesia karena bendungan tersebut tidak pernah mengalami hal yang sangat mengerikan tersebut. Ini adalah fenomena alam yang disebabkan oleh kelalaian manusia, dari sisi pemerintahan maupun penduduk sekitarnya.

Banyak penduduk yang membangun pemukiman di bawah tanggul yang sangat berbahaya dan mereka membuang sampah sembarangan, tidak menjaga dan merawat bendungan tersebut sehingga kejadian ini terjadi. Pada saat bendungan tersebut jebol, banyak korban jiwa berjatuhan dan ini menimbulkan banyak kerugian material yang besar. Sungguh tragis peristiwa ini, dan ini menjadi sorotan masyarakat Indonesia, karena banyak korban yang masih belum dapat ditemukan jasadnya, terutama bagi beberapa penduduk yang memiliki sanak saudara di tempat tersebut.

Banyak mahasiswa/i serta penduduk yang datang untuk melihat kondisi yang terjadi di daerah bendungan Situ Gintung. Mereka turut prihatin akan kejadian tersebut. Walikota Tangerang Selatan, H.M Shaleh, bersedia memberikan bantuan material dengan cara menyewakan rumah bagi 107 kepala keluarga selama satu tahun, dan hal tersebut sangat membantu para korban. Para korban yang tidak mendapatkan rumah sewaan dapat tinggal di Wisma Kertamukti, sebagai lokasi yang tersedia untuk dihuni.





3.2. Solusi
Menurut saya, diharapkan bagi masyarakat di daerah tersebut dan juga pada pemerintah untuk lebih memperhatikan, merawat serta bertanggung jawab atas peninggalan masa lampau supaya bencana tersebut tidak terulang kembali untuk kedua kalinya. Tragedi Situ Gintung menjadi akibat dari apa yang telah dilakukan oleh manusia yang tidak perduli pada lingkungannya. Bagi pemerintah kota Tangerang, berikanlah himbauan serta lokasi untuk para korban yang tidak memiliki tempat tinggal untuk pindah ke lokasi yang memungkinkan untuk dihuni. Para korban yang masih hidup pun harus diberikan jaminan untuk hidup mereka seperti; uang , baju-baju, pangan dan lain-lain, supaya mereka dapat terus melangsungkan hidup.Tetap waspada terhadap bencana alam yang terjadi dan tidak dapat dipungkiri bahwa kita harus berdoa pada Tuhan supaya kejadian tersebut tidak terulang kembali.
3.3. Kesimpulan
Bencana yang melanda daerah Tangerang, yakni bencana Situ Gintung, merupakan tragedi yang sangat mengejutkan dan menyedihkan karena banyaknya korban jiwa yang berjatuhan. Jebolnya tanggul Situ Gintung diperkirakan sekitar 2 juta meter kubik dan bencana ini merupakan bencana terbesar diawal tahun 2009 karena ini termasuk tsunami kecil. Pada saat dievakuasi telah ditemukan 100 korban jiwa yang meninggal dan 70 orang hilang. Banyak penduduk yang mengungsi ke lokasi yang aman dari bencana tersebut, diperkirakan penggungsi anak-anak ada 171 orang. Kondisi bendungan pun saat ini tidak seindah dahulu kala. Banyak penduduk serta mahasiswa/i yang datang untuk melihat kondisi yang memprihatinkan itu. Banyak rumah-rumah penduduk yang roboh dan hanyut karena bencana tersebut. Walikota Tangerang Selatan telah memberikan bantuan untuk menyewakan rumah bagi 107 kepala keluarga selama satu tahun, namun masih ada pula korban yang harus tinggal di Wisma Kertamukti. Tragedi ini menjadi sorotan publik saat ini karena kondisi ini tak pernah terduga oleh masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar