Senin, 07 September 2009

Desktop Publishing - Makalah mengenai Logo Perusahaan


Desktop Publishing

Logo perusahaan

Nama : Ratna Dewi
Nim : 2007110192
Class : Marketing , 11-2C


FOREWORD

Kecantikan adalah faktor utama dari rasa kepercayaan diri wanita, dan hal utama tersebut membangkitkan keberanian untuk tampil di muka umum. Kecantikan wanita akan lebih terlihat apabila dapat ditunjang dengan sedikit sentuhan warna. Solusi yang terbaik untuk melengkapi kesempurnaan kecantikan wanita, adalah alat-alat kosmetik yang berkualitas. Alat-alat kosmetik wanita terdiri dari berbagai bentuk dan warna yang dapat disesuaikan dengan warna kulit, supaya berkesan lebih mempesona. Para wanita khususnya remaja merasa bahwa, alat-alat kosmetik adalah kebutuhan primer yang sangat menunjang untuk penampilan mereka. Pada umumnya, remaja wanita saat ini memakai alat-alat kosmetik untuk menonjolkan aura kecantikan ketika sedang beraktifitas atau sedang berada di hadapan umum, seperti pada saat pergi ke kampus, cafe, pesta dan mall. Jadi dengan adanya perusahaan kosmetik wanita terutama bagi remaja ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan untuk mempercantik diri. Lovely adalah kosmetik yang akan diperkenalkan kepada remaja wanita untuk meningkatkan rasa percaya diri, dan mempercantik penampilan dengan warna yang beragam dan natural supaya terkesan alamiah dan anggun.

COMPANY PROFILE

Nama perusahaan : Lovely

Nama Produk : Lovely

Jenis Produk : alat kosmetik wanita

Target Market

Gender : Wanita

Age : 18-23

Social class : A – B+

Occupation : College,career woman.

Demography

Lifestyle : women who care about their skin, appearance, glamour and hobby make-up

Product Range : Rp 125.000 – Rp 500.000


Background of Company

Lovely adalah franchise dari luar negri yang kemudian dibuka di Indonesia karena melihat peluang pasar yang sangat besar di negri ini. Lovely adalah perusahaan yang bergerak di bidang alat kosmetik wanita khususnya remaja. Perusahaan ini dibentuk karena ingin memasarkan produk kosmetik yang berkualitas, dan memenuhi kebutuhan konsumen khususnya remaja wanita.

Lovely memulai usahanya di Indonesia pada awal tahun 2008. Perusahaan ini berlokasi di Jl.Kebon Sirih no 36 – Jakarta Pusat dengan didukung oleh 50 karyawan internal yang berpengalaman di bidang kosmetika dan bahan-bahan kimia.


Analysis 5W + 1H of Company

WHO

Lovely adalah perusahaan produk kecantikan wanita khusus remaja yang berasal dari Singapore, dimana Lovely merupakan produk kosmetik yang cukup ternama di negara itu. Lovely juga sudah merambah ke Malaysia dan juga Filipina. Setelah cukup sukses di ketiga negara tersebut, saat ini Lovely membuka usahanya di Indonesia pada awal tahun 2008.


WHAT

Lovely adalah produk kosmetik yang diperkenalkan untuk wanita khususnya remaja yang memiliki rasa percaya diri tinggi, bersemangat, dan ceria. Alat kosmetik Lovely tersedia dalam packaging yang unik dan minimalis, serta alat kosmetik Lovely memiliki ciri khas yaitu colourful. Namun, alat kosmetik Lovely juga memiliki warna yang berkesan natural, seperti; warna barely pink, wake-up pink, baby beige dan beragam warna lainnya.

WHY

Produk Lovely ingin mengajak para remaja wanita untuk waspada dalam memilih alat kosmetik supaya tidak merusak keremajaan kulit dan juga membuat para remaja dapat mengekspresikan gayanya sendiri dengan make-up ini. Alat kosmetik Lovely juga memberikan kesan anggun yang alami untuk para remaja wanita.


WHEN

Peluncuran produk Lovely pertama kali akan dilaksanakan serempak di 3 mall terbesar di Jakarta (Mall Senayan City, Mall Pacific Place, Grand Indonesia) pada tanggal 27 Desember 2008 dari pukul 17.00 – 21.00.


WHERE

Perusahaan Lovely berada di Jl.Kebon Sirih no 36 – Jakarta Pusat. Tempat tersebut dipergunakan untuk meramu, membuat dan memproduksi alat kosmetik yang kemudian didistribusikan ke beberapa stand-stand Lovely di mal-mal dan juga daerah se-JABOTABEK.

HOW

Dalam memperkenalkan produk, Lovely menggunakan media advertising yaitu iklan di televisi(model; Dian Sastrowardhoyo),dan iklan di majalah(GADIS, GO GIRL) dengan memberikan satu buah sample berupa foundation bagi para pembaca majalah tersebut.

Pada saat peluncuran produk Lovely di 3 mall tersebut, akan ada banyak pakar-pakar kecantikan yang akan mendiagnosa kulit wajah customer, supaya dapat memilih produk yang tepat untuk kulit mereka dan jika ada customer yang melakukan pembelian pada saat peluncuran produk tersebut, maka akan diberikan discount 50% off untuk semua produk Lovely. Jika customer ingin membeli produk Lovely langsung di stand yang tersedia di mall selain pada saat peluncuran, customer berhak mendapatkan special price selama 4 minggu berturut-turut untuk produk-produk tertentu Lovely.


Analysis SWOT

Strength

Lovely merupakan produk kosmetik yang setaraf dengan produk standar internasional yang dikhususkan untuk para remaja wanita. Lovely memiliki bermacam-macam alat kosmetik wajah dengan pilihan warna yang colourful dan natural untuk menampilkan pesona anggun wanita.

Weakness

Kelemahan dari Lovely adalah tidak cocok bagi kulit yang sensitif karena dapat menyebabkan panas di kulit dan kulit wajah berjerawat.

Opportunity

Stand Lovely dapat ditemukan di semua mall di Jakarta dan letaknya strategis. Harga yang ditawarkan tidak mahal dan dapat dijangkau oleh para remaja.

Threat

Ada rintangan yang harus dihadapi oleh Lovely yakni banyaknya perusahaan kosmetik yang sudah terkenal di Indonesia dengan beragam produk-produk kecantikan dan juga persaingan harga yang cukup ketat dengan merek-merek dalam negri.


Company’s Logo





Philosophy logo

Logo ini diberi nama “lovely” karena ingin menunjukan cinta pada remaja wanita dan mudah diingat sehingga memberikan kesan manis di benak para konsumen supaya produk ini akan terus dikenang. Ada gambar hati dibelakang logo untuk menunjukan bahwa para konsumen tidak perlu ragu pada produk ini karena aman digunakan. Ada mahkota yang berbentuk seperti ukiran diatas lambang hati itu bertujuan untuk menunjukan bahwa wanita itu prioritas utama kami.

Colours

v Merah muda atau pink berkesan lebih attraktif, ceria dan lebih feminine sesuai dengan karakter dari remaja wanita, artinya adalah perusahaan mengerti tentang apa yang diinginkan konsumen.

v Putih sangat ideal dengan warna pink sehingga logo itu terlihat menarik dan berkesan tulus pada para konsumen sehingga logo ini menimbulkan kesan perusahaan Lovely memberikan yang terbaik untuk para konsumen.

Tipografi

Tulisan yang digunakan adalah alba super berukuran 72 karena bentuk huruf yang unik dan sederhana membuat para konsumen dapat melihat secara rinci logo ini, dan juga huruf ini sedikit menonjol sehingga itu menjadi ciri khas dari logo perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar